tips-bisnis-untuk-pemula

Tips Agar Klien Bisnis Tidak Berpaling Dari Anda

tips-bisnis-untuk-pemula

Anda dapat membuat klien terus menggunakan atau menikmati layanan atau produk dari bisnis Anda. Klien adalah aset berharga yang perlu dipelihara dengan baik. Anda harus berusaha keras agar klien selalu menggunakan produk atau layanan bisnis Anda.

Klien yang sering mengingat bisnis Anda akan membawa banyak keberuntungan. Suatu hari, mereka akan kembali melakukan pembelian produk Anda, menghubungi Anda untuk tujuan kerja sama bisnis, atau menggunakan layanan Anda untuk proyek bisnis.

Tentu saja, kepuasan adalah kunci untuk menjaga klien dari melupakan bisnis Anda. Jika Anda berhasil membuat mereka puas dengan bisnis dan layanan Anda, kemungkinan besar mereka akan menjadi pelanggan setia dan tidak akan beralih ke lapak lainnya.

Tips Agar Klien Bisnis Tidak Berpaling

Nah, jika Anda merasa telah memberikan yang terbaik kepada klien bisnis Anda, maka selanjutnya adalah berjuang mempertahankan hubungan dan membuat mereka tidak melupakan Anda.

Bagaimana caranya? Alih-alih penasaran, ikuti beberapa tips agar klien bisnis tidak berpaling dari Anda di berikut ini.

  1. Biarkan klien mengetahui kegiatan bisnis Anda

Sekarang semua orang dapat terhubung dengan mudah dan cepat. Kapan saja dan di mana saja, siapa saja dapat terhubung berkat teknologi internet.

Manfaatkan ini untuk memberi tahu klien Anda tentang berbagai kegiatan atau pekerjaan bisnis yang Anda jalankan.

Misalnya dengan mengirim buletin email secara teratur. Ini juga dapat mengikuti klien akun media sosial masing-masing.

Kemudian, Anda dengan rajin memberikan informasi penting, seperti, produk atau proyek dan acara terbaru yang akan dijalankan bisnis Anda.

  1. Kirim pesan ke klien (seringkali komunikasi)

Coba hubungi klien terlebih dahulu melalui teks atau WhatsApp. Tentu saja, hindari pesan mewah, seperti menanyakan apa yang dia lakukan sekarang.

Mungkin mereka sibuk dan tidak ingin diganggu sama sekali. Misalnya, Anda dapat mengirim pesan yang berisi salam kepada klien Anda.

Misalnya, “selamat pagi, kabar baik, Tuan / Ibu? Saya kebetulan melewati kantor Anda, jadi saya memikirkan Anda. Senang pernah berkolaborasi dengan Anda.

Kabarnya, bisnis Anda sekarang lebih sukses. Kadang-kadang, mungkin saya ‘ Saya akan mampir ke kantor Anda. “Ya, misalnya pesan dapat dikirim ke klien Anda. Siapa tahu, akan ada proyek kerja sama baru.

  1. Ingat momen spesial

Klien akan senang jika Anda memberi selamat kepada mereka di saat-saat istimewa. Seperti ulang tahunnya, ulang tahun perusahaannya, atau ketika klien merayakan suatu pencapaian.

Misalnya, Anda dapat mengirim kartu ucapan ulang tahun atau buket bunga untuk memberi selamat kepada Anda karena telah meluncurkan bisnis baru klien Anda.

  1. Berikan hadiah pada Hari Libur

Liburan bisa menjadi waktu untuk keramahan. Cobalah memberikan hadiah seperti parsel saat Idul Fitri atau Idul Fitri, pada Natal, atau ketika tahun baru tiba.

Meskipun mungkin hanya setahun sekali Anda memberikan hadiah, klien pasti akan menghargainya dan Anda akan sering diingat. Mungkin bahkan klien juga akan memberi Anda hadiah sebagai balasan dan terima kasih.

  1. Buat janji untuk bertemu klien

Tentu saja, hubungan Anda dengan klien akan lebih dekat jika Anda telah bertemu beberapa kali secara langsung. Cobalah membuat janji dengannya untuk bertemu di kantor atau di tempat tertentu.

Rapat tidak selalu harus membahas kepentingan bisnis. Anda dapat mengundang untuk bertemu untuk bernegosiasi, seperti mengobrol dengan teman Anda sendiri. Berusaha keras untuk membangun hubungan dengan komunikasi yang menyenangkan.

Nah, menurut ulasan tips agar bisnis klien tidak berpaling dari Anda yang bisa diajukan kali ini. Anda dapat mengikuti beberapa tips ini sehingga klien Anda selalu melihat bisnis Anda dan tertarik untuk terus memupuk kerja sama bisnis. Semoga berhasil dengan tipsnya.

__Posted on
December 23, 2019
__Categories
Tips Bisnis

Author: salvation army