Cara Merawat Kelinci Dengan Baik Agar Tidak Stres

Cara Merawat Kelinci Dengan Baik Agar Tidak Stres

Kelinci seperti kelinci flemish giant memang merupakan salah satu jenis hewan terlucu dan memiliki jumlah peminat yang cukup banyak, sama halnya dengan hewan peliharaan lucu lainnya seperti kucing.

Selain lucu, kelinci juga menjadi primadona hewan peliharaan karena sangat jinak dan memiliki perawatan yang tidak susah. Namun meskipun tidak susah, ada beberapa hal yang wajib untuk dilakukan agar kelinci tidak stres.

Kelinci dengan kondisi yang mudah stres tidak akan memiliki umur yang panjang dan bisa mengganggu kesehatan tubuhnya. Oleh karena itu berikut ini beberapa tips agar kelinci tidak stres yang bisa mulai Anda terapkan dari sekarang.

Memilih Kandang Yang Bersih

Agar kelinci berumur panjang dan terhindar dari risiko stres, sebaiknya Anda selalu memperhatikan pemilihan kandang. Pilihlah kandang dengan ukuran yang tidak terlalu kecil agar kelinci tetap bisa aktif bergerak meskipun sedang berada di dalam kandang. Pilihlah kandang dengan ukuran minimal lima kali lebih besar dari tubuh kelinci.

Memberikan Makanan Yang Kaya Akan Nutrisi Dan Porsi Yang Seimbang

Kelinci merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki sistem pencernaan yang cukup rumit dan perlu mendapatkan makanan yang bernutrisi.

Beberapa makanan yang bisa diberikan untuk menambah kesehatan kelinci misalnya rumput, wortel, selada, kangkung, hingga tomat. Ketika kelinci mendapatkan makanan yang bernutrisi maka kelinci bisa terhindar dari masalah kesehatan mulai dari bola rambut, diare, dan obesitas, hingga stres.

Biarkan Kelinci Sekali-kali Bermain Di Luar Kandang

Penyebab kelinci stres salah satunya adalah rasa bosan karena terlalu lama berada di kandang. Anda perlu mengingat jika kelinci sebenarnya merupakan hewan liar yang berasal dari hutan sehingga sangat penting baginya untuk selalu bergerak aktif. Sekali-kali cobalah untuk mengeluarkan kelinci dari kandang, dan biarkan kelinci bermain dengan tetap dalam pengawasan Anda.

Teknik Khusus Dalam Menggendong Kelinci

Tahukah Anda jika pada saat menggendong kelinci tidak boleh dilakukan secara sembarangan? Kelinci memiliki tubuh yang rentan sehingga harus diperlakukan dengan baik.

Anda bisa menggendong atau memegang kelinci dengan cara meletakkan tangan pada bagian belakang dan depan tubuh kemudian menggendongnya seperti Anda sedang menggendong bayi.

Usahakan untuk tidak mengangkat atau menggendong kelinci dengan menarik lengan atau telinganya karena bagian telinga merupakan bagian yang memiliki banyak sekali saraf. Salah sedikit maka akan sangat berisiko untuk kesehatan kelinci.

Nah, itu dia beberapa tips agar kelinci tidak stres. Jika Anda memelihara kelinci bukan untuk tujuan budidaya atau beternak, usahakan untuk tidak memelihara kelinci satu ekor saja.

Alangkah lebih baik jika Anda memberikan teman kepada kelinci sehingga kelinci tidak merasa sendirian dan tidak mudah stres.

__Posted on
November 21, 2020
__Categories
Budi Daya Ternak

Author: salvation army